Saresehan PROKASIH Desa Karangrejek bersama KAPEDAL.

Administrator 25 Mei 2016 14:05:27 WIB

Karangrejek 25 Mei 2016 - Dalam rangka menjaga kebersihan sungai dan menjaga keseimbangan ekosistem di sekitarnya pemerintah desa Karangrejek melalui Kelompok PROKASIH (Program Kali Bersih) bekerjasama dengan KAPEDAL Gunungkidul mengadakan Saresehan bersama yang dilaksanakan hari ini Rabu, 25 Mei 2016 bertempat di Sangar Wacana "OMAHKU TIRTOMOYO". Dalam saresehan tersebut diikuti oleh 30 Orang peserta Kelompok Kali Bersih dengan narasumber dari Dinas Kesehatan (UPT PUSKESMAS 1 Wonosari) Dinas Pekerjaan Umum dan KAPEDAL.

Dalam saresehan tersebut dibahas tentang bagaimana menjaga kebersihan sungai agar ekosistem di lingkungan sungai terjaga kebersihannya, tidak tercemar dari berbagai macam limbah, baik sampah sampah maupun limbah rumahtangga. Dengan terjaganya ekosistem sungai maka masyarakat sekitar dapat memanfaatkan sungai tersebut antaralain untuk mencuci,mandi dan juga dapat menjadi sarana hiburan bagi para penghobi.  karena dengan terjaganya ekosistem sungai maka semua kehidupan yang ada dilingkungan sungai dapat berkembang biak, dapat lestari dan dengan begitu dapat kita ambil manfaatnya. semua hal tersebut dapat terwujud dengan kesadaran dan pengertian warga masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan juga kesadaran akan aturan dan larangan yang berkaitan dengan pelestarian dan kebersihan sungai tersebut. 

Diantara kegiatan PROKASIH yang telah terlaksana antara lain Tahun 2014 dilakukan penebaran benih ikan sebanyak 2000 ekor ikan jenis Nila, kemudian tahun 2016 ini pada bulan Februari juga dilakukan penenaman bambu ("pring Petung") di sepanjang tepi sungai. kegiatan ini bekerjasama dengan Yayasan Harjoso Projo Pangarso Yogyakarta.

Selain membahas betapa pentingnya menjaga kebersihan sungai tersebut, dalam saresehan kali ini juga dilakukan penyegaran Pengurus Kelompok Pemerhati Kali yang susunannya sebagai berikut :

1. Pelindung           : Kepala Desa Karangrejek (Marjana)

2. Penasehat          : Kahono (Dukuh Karangrejek)

                            : Supriyatno (Dukuh Blimbing)

                            : Siswo Rejo (DUkuh Karanggumuk II)

3. Ketua                : 1) Purwowinoto

                              2) Cipto Darsono

4. Sekretaris          : 1) Wakidi

                              2) Suyatno

5. Bendahara         : 1) Partini

                              2) Sumanto

6. Seksi - seksi      : - Humas :1) Budiono

                                             2) Tris Paeno

                              - Pengelola Lingkungan : 1) Satimin

                                                                   2) Paimin

                                                                   3) Daljono

Kemudian Kelompok Pemerhati Kali ini diberi nama "LESTARI"

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar