POS BINDU DESA KARANGREJEK

Administrator 11 Agustus 2017 11:11:38 WIB

POS PEMBINAAN TERPADU PENYAKIT TIDAK MENULAR (POSBINDU PTM)

 

Penyebab kematian tertinggi di Indonesia disebabkan oleh Penyakit Tidak Menular (PTM), dimana dari tahun ke tahun menunjukkan grafik yang lumayan signifikan. Dalam rangka meningkatan kesehatan masyarakat dan pengurangan resiko kematian yang diakibatkan oleh Penyakit Tidak Menular (PTM), Puskesmas I Wonosari mendorong desa-desa untuk membentuk Posbindu PTM dan tidak terkecuali untuk Desa Karangrejek. Puskesmas I Wonosari berharap bisa terbentuknya minimal Posbindu PTM di tingkat desa dan satu sampel Posbindu PTM di tingkat dusun.

Tujuan utama Posbindu PTM adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor resiko PTM. Sasaran Posbindu PTM cukup luas mencakup semua masyarakat usia 15 tahun ke atas baik itu dengan kondisi sehat, masyarakat beresiko maupun masyarakat dengan kasus PTM. Bagi sasaran masyarakat dengan kondisi sehat, Posbindu PTM bertujuan untuk memberikan penyuluhan dan upaya agar tidak sampai menjadi masyarakat yang beresiko terkena penyakit PTM. Bagi masyarakat beresiko, Posbindu PTM bertujuan untuk mengenali faktor resiko PTM yang ada dan upaya mengurangi jumlah maupun intensitas faktor resiko tersebut agar tidak menjadi penyakit PTM. Dan untuk masyarakat dengan penyakit PTM, Posbindu PTM bertujuan untuk mengontrol dan menjaga kesehatan secara optimal baik dengan upaya preventif seperti penyuluhan dan kuratif melalui sistem rujukan Posbindu PTM ke Puskesmas.

Agenda Pembentukan Posbindu PTM yang diselenggarakan oleh Puskesmas I Wonosari dilaksanakan kemarin hari Kamis tanggal 27 Juli 2017 jam 09.00 WIB di Puskesmas I Wonosari. Peserta berasal dari 3 Desa yaitu Desa Karangrejek, Desa Wareng, dan Desa Siraman. Dalam kegiatan ini Desa Karangrejek mengirimkan 10 peserta dari Perangkat Desa dan 18 peserta dari Kader Kesehatan Desa Karangrejek.

Adapun jalannya acara dalam Pembentukan Posbindu PTM ini diawali dengan pembukaaan dan dilanjutkan penyampaian sambutan sekaligus paparan materi terkait Posbindu PTM dan PTM itu sendiri yang disampaikan oleh PLT Puskesmas 1 Wonosari Dr. Rino dan dari Dinas Kesehatan Gunungkidul yang disampaikan oleh Bp. Yudho Hendratmo. Memasuki acara inti yaitu pembentukan Posbindu PTM, yang dipandu oleh Ibu Nafi.

Posbindu PTM Desa Karangrejek:

  1. Penanggungjawab : Kepala Desa (Bp. Marjana)
  2. Koordinator : Riyanto, Kartilah, Utami Sekarini
  3. Bendahara : Ida Purwani, Suratminah
  4. Kader Penggerak : Kahono, Supriyatno, Mardi
  5. Kader Pemantau : Susinah, Mindi, Wastiningsih
  6. Kader Konselor : Suwarna, Maryudi, Karsini
  7. Kader Pencatat : Sugarmi, Tumirah, Harmi
  8. Kader Meja 1 : Rustinah, Rubilah, Suharni
  9. Kader Meja 2 : Anisa Istiqomah, Suti Rahayu
  10. Kader Meja 3 : Sugiyanti, Budi Suswati
  11. Kader Meja 4 : Dwi Marlina, Kastiningsih
  12. Kader Meja 5 : Ari Minarti, Sri Astuti

Posbindu PTM Desa Karangrejek akan mengambil sampling di Dusun Blimbing.

Acara selanjutnya penutup. Kegiatan pembentukan Posbindu PTM ini ditindaklanjuti dengan pelatihan Kader Posbindu

 PTM yang telah dilaksanakan kemarin hari Selasa tanggal 2 Agustus 2017. Dalam kegiatan ini, Desa Karangrejek mengirimkan 9 peserta yang terdiri dari 2 peserta yang diambilkan dari Perangkat Desa dan 7 peserta dari Kader Kesehatan Desa Karangrejek. Kader kesehatan diberikan pelatihan ketrampilan menggunakan tensi pengukur tekanan darah, mengukur lingkar perut, menghitung IMT, dan pelatihan administrasi di 5 meja dengan harapan bisa mendukung terlaksananya kegiatan Posbindu PTM di tingkat desa dan dusun. Waktu pelaksanaan Posbindu PTM di Dusun Blimbing Desa Karangrejek ini akan segera dikoordinasikan antara Puskesmas I Wonosari dan kader Posbindu PTM Desa Karangrejek.

Komentar atas POS BINDU DESA KARANGREJEK

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar